Selasa, 03 Mei 2011


Insulin diproduksi di pankreas dan dilepaskan ketika salah satu dari beberapa rangsangan terdeteksi. Rangsangan termasuk tertelan protein dan glukosa dalam darah yang dihasilkan dari makanan yang dicerna. Karbohidrat dapat polimer dari gula sederhana atau gula sederhana sendiri. Jika karbohidrat mencakup glukosa maka glukosa akan diserap ke dalam aliran darah dan kadar glukosa darah akan mulai naik.
Jika glukosa darah tinggi maka insulin tinggi, insulin akan mensimulasi glukosa menjadi glikogen. Pada tubuh kita glikogen terdapat dalam hati dan otot. Hati berfungsi sebagai tempatpembentukkan glikogen dari glukosa. Apabila kadar glukosa dalam darah berambah, sebagian diubah menjadi glikogen sehingga kadar glukosa dalam darah normal kembali. Sebaliknya apabila kadar glukosa darah menurun, glikogen dalam hati diuraikan menjadi glukosa kembali, sehingga kadar glukosa darah normal normal kembali.
Pada skema pengendalian glukosa darah , apabila glukosa darah tinggi, pankreas akan menghasilkan insulin yang menstimulasi atau merangsang enzim yang berperan dalam mengubah glukosa menjadi glikogen di dalam hati. Begitu pula sebaliknya apabila glukosa darah rendah pankreas akan menghasilkan glukagon yang akan menstimulasi atau merangsang enzim yang berperan dalam mengubah glikogen menjadi glukosa. Sehingga kadar glukosa darah normal normal kembali.

1 komentar:

Reva Iasha mengatakan...

lukosa darah rendah pankreas akan menghasilkan glukagon yang akan menstimulasi atau merangsang enzim yang berperan dalam mengubah glikogen menjadi glukosa. Sehingga kadar glukosa darah normal normal kembali..
info ini membantu dlm mata kuliah metabolisme

Posting Komentar