Selasa, 03 Mei 2011

Plasma


Plasma adalah gas yang terionisasi, artinya gas tersebut sudah kehilangan elektron-elektronnya. Kita tahu bahwa sebuah unsur terdiri atas elektron dan nukleus (yang terdiri atas proton dan neutron). Dalam zat padat, atom-atom terikat satu sama lain membentuk molekul, yang masing-masing terikat dalam suatu ikatan kimia yang kuat. Pada zat cair, molekul-molekul terikat dalam ikatan kimia lemah, dan dalam gas, molekul-molekul terpisah satu sama lain tanpa adanya ikatan kimia.
Dalam plasma, unsur-unsur tersebut tidak lagi bersatu membentuk molekul, dan unsur-unsur tersebut kehilangan elektron-elektronnya. Jadi dalam plasma, yang ada adalah sebuah “sup” yang terdiri atas nukleus dan elektron.
Karena plasma memiliki banyak elektron bebas, maka plasma dapat menjadi konduktor yang baik sekali. Contoh plasma adalah lampu neon atau display komputer.
Plasma sifatnya berbeda menurut komposisi partikel-partikel bermuatannya, sehingga plasma seringkali dipandang sebagai fase ke empat dari zat. Fase zat klasik yang sudah kita kenal adalah fase gas, cair, dan padat. Jadi, yang keempat adalah fase plasma.
Plasma dapat terjadi secara alamiah, terutama dalam ruang angkasa. Zat-zat yang terdapat di perut bintang (matahari) dan ruang antarbintang, selalu dalam keadaan fase plasma. Lapisan-lapisan bagian dari angkasa planet juga sering berujud plasma. Sebagai contoh, ionosfer juga merupakan lapisan plasma di angkasa bumi kita. Ionosfer biasanya dibagi menjadi dua lapisan.

3 komentar:

zhy's blog mengatakan...

plasma merupakan salah satu fase zat baru di temukan,tetapi aku belum begitu paham apakah itu plasma, bagaimana sifat antar partikelnya, dan dalam kehidupan sehari-hari apa contohnya?

affin mengatakan...

Untuk anwar tolong dipahami lg terlebih dahulu tentang artikel diatas, kan sudah dijelaskan apa itu plasma serta sifat antar partikelnya dan contoh dari plasma adalah lampu neon atau display komputer.

Bahri-Sains mengatakan...

terima kasi...artikel dan design blognya dah bagus
yang perlu ditanyakan adalah
Apa perbedaan antara televisi plasma dan LCD...???

Posting Komentar