Jumat, 22 April 2011

BERMAIN-MAIN DENGAN HUKUM ARCHIMEDES

Mari kita bermain-main dengan Hukum Archimedes. Balon udara merupakan salah satu aplikasi dari Hukum Archimedes. Dimana sebuah balon udara dapat naik ke udara dan melayang pada ketinggian tertentu, disebabkan adanya gaya ke atas yang dilakukan oleh udara. Untuk mencapai hal tersebut, prinsip kimia juga mengajarkan kita tentang mengisi balon dengan gas yang massa molekulnya lebih kecil dari massa rata-rata di udara atau dengan menggunakan gas panas. Balon udara diisi dengan gas yang lebih ringan dari udara misalnya gas Hidrogen (H2) dan Helium (He) sehingga terjadi peristiwa seolah-olah terapung.
Balon udara naik atau turun merupakan aplikasi dari hukum Archimedes. Dimana gaya apung yang diterima oleh suatu benda yang melayang di dalam fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkannya.
Ketika ingin menaikkan balon udara, yaitu pada saat gaya apung sudah lebih berat daripada berat total balon (berat balon dan muatan), sehingga balon udara mulai bergerak naik. Sedangkan apabila ingin menurunkan balon udara yaitu pada saat gaya apung lebih kecil daripada berat balon, dan balon udara akan bergerak turun.

0 komentar:

Posting Komentar