Jumat, 22 April 2011

Strategi Belajar PQ4R

Ada beberapa strategi belajar yang dapat membantu siswa belajar. Nilai dari strategi-strategi belajar itu tergantung pada kekhususan dan kegunaannya. Salah satunya adalah strategi PQ4R. Strategi PQ4R ini digunakan untuk membantu proses belajar mengajar dikelas yang dilaksanakan dengan kegiatan membaca buku. Teknik belajar yang digunakan untuk membantu siswa memahami dan mengingat materi yang mereka baca adalah metode PQ4R yang meliputi preview, question, read, reflect, recite, dan review (Thomas dan Robinson, 1972 dalam Nur, 2005: 34). Prosedur PQ4R ini memusatkan siswa pada pengorganisasian informasi bermakna dan melibatkan siswa pada strategi–strategi lain yang efektif seperti pengajuan pertanyaan, elaborasi dan latihan terdistribusi, kesempatan untuk mereview informasi sepanjang periode waktu tertentu.
Langkah–langkah yang harus dilakukan dalam strategi belajar PQ4R adalah sebagai berikut:
1.Preview
Langkah pertama ini dimaksudkan agar siswa membaca selintas dengan cepat sebelum mulai membaca sebuah buku. Siswa dapat memulai dengan membaca topik-topik, subtopik utama, judul, dan subjudul, kalimat-kalimat permulaan, kalimat-kalimat pokok pada permulaan dan akhir suatu paragrap, atau ringkasan pada akhir suatu bab.
2.Question
Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada diri sendiri untuk setiap topik yang ada. Awali pertanyaan dengan menggunakan kata “apa, siapa, mengapa, dan bagaimana “. Pengalaman telah menunjukkan bahwa apabila seseorang membaca untuk menjawab sejumlah pertanyaan, maka akan membuat dia membaca lebih hati-hati serta seksama dan akan dapat membantu mengingat apa yang dibaca dengan baik.
3.Read
Membaca bacaan secara aktif, yakni dengan cara pikiran siswa harus memberikan reaksi terhadap apa yang dibacanya. Jangan membuat catatan-catatan panjang, cobalah mencari jawaban terhadap semua pertanyaan-pertanyaan yang diajukan sebelumnya.
4. Reflect
Reflect bukanlah suatu langkah terpisah dengan langkah ketiga (read), tetapi merupakan suatu komponen esensial dari langkah ketiga tersebut. Selama membaca, pembaca tidak hanya cukup mengingat atau menghafal, tetapi cobalah untuk memahami informasi yang dipresentasikan dengan cara:
-Menghubungkan informasi dengan hal-hal yang telah mereka ketahui.
-Mengaitkan subtopik-subtopik di dalam teks dengan konsep-konsep atau prinsip utama.
-Mencoba untuk memecahkan kontradiksi di dalam informasi yang disajikan.
-Mencoba untuk menggunakan materi itu untuk memecahkan masalah-masalah yang disimulasikan atau dianjurkan dari materi pelajaran tersebut.
5.Recite
Pada langkah kelima ini, siswa diminta untuk mengingat kembali informasi yang telah dipelajari dengan menyatakan butir-butir penting dengan nyaring dan dengan menanyakan serta menjawab pertanyaan-pertanyaan.
6.Review
Pada langkah terakhir ini siswa diminta untuk membaca catatan singkat (inti sari) yang telah dibuatnya. Buatlah hubungan seluruh butir catatan, dan pusatkan pertanyaan pada pertanyaaan-pertanyaan anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar