Rabu, 27 April 2011

Pola Gaya Hidup Sehat

Hidup sehat adalah harapan setiap orang. Sehat menurut WHO (1948) adalah secara lengkap atau kompleks sehat fisik, mental dan sosial. Dengan hidup yang sehat, kita akan dapat mengerjakan segala aktivitas kita dengan mudah dan lancar. Meski demikian, hidup yang sehat tidak menjadi jaminan akan dimiliki oleh setiap orang jika tidak kita sendiri yang berusaha untuk melakukannya. Kita harus selalu membiasakan pola hidup yang sehat agar dapat terhindar dari berbagai penyakit. Usaha untuk mencapai pola hidup yang sehat tidak harus dengan biaya yang mahal. Yang terpenting bagi diri kita adalah mulai dari diri sendiri untuk sesegera mungkin menjalankannya misalnya melakukan hal-hal kecil di sekitar kita. Cukup mudah membiasakan pola hidup sehat mulai dari ketulusan dan kesungguhan niat dari dalam hati untuk benar-benar berusaha mendapatkan kualitas hidup yang sehat.
Gaya hidup menurut Suratno dan Rimiasti (2001:282) adalah pola hidup seseorang dalam dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapat yang bersangkutan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya hidup merupakan pola hidup seseorang yang dinyatakan dalam kegiatan, minat pendapatnya dan mengalokasikan waktu serta mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan.
Dengan demikian, apabila kita membiasakan pola gaya hidup sehat maka akan mendapatkan kualitas hidup yang sehat pula.
Beberapa cara atau usaha kecil yang dapat saya lakukan dalam menjaga kesekatan pribadi dengan membiasakan pola gaya hidup sehat sekarang ini adalah seperti :
1. Membiasakan pada hal-hal kecil terlebih dahulu untuk membentuk hidup yang sehat, seperti peduli pada gejala kecil munculnya penyakit, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan,
2. Mengatur pola makan secara teratur ( Mengawali hari dengan sarapan ).
3. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. (snack smart, seperti biskuit dan buah)
4. Mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang kurang baik bagi kesehatan seperti makanan siap saji, saus, dan mengkonsumsi jenis makan tertentu secara berlebihan.
5. Istirahat yang cukup misalnya mengambil kegiatan 10 menit untuk istirahat setiap jam saat membaca dan mengerjakan tugas. Jangan bekerja terlalu banyak atau memforsir tubuh, karena bisa menyebabkan tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik.
6. Hidup Bersih, menciptakan suasana lingkungan tempat tinggal yang bersih, rapi, nyaman dan asri untuk kita tempati sehari-hari. Selain itu setiap orang paling tidak harus mandi satu kali setiap hari, serta menggunakan obat antiseptik setelah mandi apabila kulitnya sensitif pada air yang kurang bersih . Mengganti celana dan kaus kaki setiap hari.
7. Olah raga secara teratur merupakan salah satu kunci untuk gaya hidup sehat juga,.
8. Memberikan pengetahuan akan pentingnya menjaga pola hidup yang sehat pada diri sendiri, keluarga atau kerabat, dan lingkungan sekitar.
9. Minum vitamin apabila kondisi anda masih belum fit misalnya setelah anda sakit ( minum suplemen atau vitamin yang dianjurkan dokter ).
10. Enjoy your self, jangan stres sendiri atas segala sesuatu yang anda kerjakan misalnya dalam menjalani rutininas sehari-hari. Refreshing sesekali pada saat weekend.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/aman-gowes-di-jalan-raya/

Posting Komentar